You Can Do Anything If You Faith

Selasa, 01 Desember 2009

NetBean 6.5 'n MySql XAMPP

Dalam perkembangan komputer sekarang ini, peranan dan penggunaannya menuntut banyak hal yang besar, bukan hanya untuk menghitung suatu angka saja tetapi juga harus memiliki kemampuan untuk melaksanakan pengolahan dan penyimpananan data pekerjaan, baik secara rutin maupun non rutin dengan cepat dan akurat. Tetapi pada kenyataannya penerapan penggunaan komputer belum sampai pada titik yang maksimal karena belum adanya suatu program yang memadai untuk mengatasi suatu masalah tertentu. Sebagai salah satu contoh permasalahan adalah permasalahan di dunia pendidikan indonesia, sekolah yang merupakan tempat belajar dan mengajar harus disibukkan untuk menyimpan banyak file berupa kertas yang berisi data-data siswa. Penyimpanan data dalam bentuk kertas memiliki merupakan sebuah masalah yang besar karena kertas membutuhkan sebuah tempat penyimpanan yang luas dan juga biaya perawatan yang terbilang mahal. Bukan hanya itu saja sekolah juga akan memiliki banyak memiliki kendala dalam pendistribuasian data siswa baik kepada orangtua murid dan karyawan sekolah itu sendiri. Masalah akan timbul saat data siswa berupa kertas dibutuhkan secara bersamaan, orang tua tidak dapat mengetahui perkembangan anaknya dengan baik dan kebijakan yang dikeluarkan oleh sekolah akan juga terhambat serta mengakibatkan penanganan setiap masalah siswa yang terjadi menjadi tidak akurat dan lamban. Hal ini yang terjadi pada SMU XYZ, sekolah berkeinginan mengatasi masalah di atas dengan cara meningkatkan kinerja komputer yang mereka miliki dengan tujuan mengetahui setiap pekembangan siswanya secara cepat, tepat dan akurat.



Penulis membahas penulisan pada beberapa bagian yaitu penginputan data yang didasarkan pada pemasukan biodata siswa yang dilakukan pada saat pendaftaran siswa, penginputan pembayaran siswa beserta daftar ulang siswa (hanya sebagai pelengkap), penginputan nilai siswa berserta kehadiran siswa dalam 1 semester, dan juga output yang berupa nilai raport siswa, nilai kelas, nilai sekolah dan biodata siswa.

Oleh karena SMU XYZ memiliki masalah dalam penyimpanan data siswa yang di simpan berupa kertas dan juga pendistribusian data yang tidak dapat diakses dengan cepat dan akurat. Maka penulis bermaksud untuk mengatasi masalah tersebut dengan membuat program sederhana yang memiliki keunggulan pada multiplatform dan memiliki database yang dapat berjalan di dalam jaringan komputer yaitu dengan bahasa pemograman Java (J2SE) dan Mysql (XAMPP).



Perancangan program ini diharapkan dapat menunjang kinerja dan kefektifan penggunaan komputer pada SMU XYZ pada titik yang maksimal.

1 komentar:

  1. misi gannn........................ maaf nih ganggu.......
    ane cukup tertarik dengan program SMU nya.......
    dan tuk sekedar referensi sekaligus pembelajaran
    kira2 berkenen g gan klo ane minta kirimin programnya???

    jimmysergill007@gmail.com

    thnxxx bgt sebelumnya...
    salam happy ngoding.....
    SUKSES....

    BalasHapus