You Can Do Anything If You Faith

Selasa, 01 Desember 2009

Java jilid 2

Bahasa komputer merupakan sarana komunikasi yang menjembatani antara manusia dan komputer. Bahasa komputer dikelompokkan menjadi dua kelompok besar yaitu bahasa pemrograman tingkat rendah (Low Level Language) dan bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level Language). Proses pemrograman sendiri bukan lagi hanya menulis suatu instruksi saja tetapi juga harus mengerjakan suatu instruksi secara berkesinambungan, hal ini bertujuan untuk memecahkan suatu masalah dan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.
Program merupakan serangkaian suatu instuksi logis dan ditulis ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer untuk menghasilkan informasi yang sesuai dengan keinginan si pemakai jasa komputer (user).
Java merupakan bahasa pemrograman yang popular pada saat ini. Kemampuan Java dalam menciptakan aplikasi grafis, web dan database yang berorientasi objek serta memiliki kelebihan untuk berjalan pada sistem operasi apapun merupakan keunggulan yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman yang lain. Hal in yang membuat bahasa pemrograman java menjadi pilihan utama bagi para programmer-programer handal di seluruh dunia.
James Gosling (Sun Microsystem) mulai mengembangkan Java pada tahun 1990-an. Java pertama kali dikembangkan untuk mempengaruhi dan memnuhi kebutuhan akan
sebuah bahasa komputer yang hanya ditulis satu kali tetapi dapat dijalankan di banyak sistem operasi komputer. Dari pertama dikembangkan, Java telah memiliki 2 generasi. Generasi kedua java disebut dengan istilah Java 2. java generasi ke-2 (Java2) terbagi atas 3 paket :
1. J2EE (Java 2 Enterprise Edition)
J2EE biasanya digunakan pada pemrograman aplikasi server atau aplikasi berbasis web server.
2. J2SE (Java 2 Standard Edition)
J2SE merupakan teknologi java edisi standard yang digunakan untuk penerapan teknologi Java pada desktop.
3. J2ME (Java 2 Micro Edition)
J2ME merupakan teknologi java edisi mikro yang digunakan utnuk penerapan teknologi Java pada peralatan elektronik seperti handphone dan PDA.
Database merupakan kumpulan data yang saling berhubungan dan diorganisasikan sedemikian rupa sehingga memudahkan untuk mendapat dan memprosesnya menjadi sebuah informasi yang lebih bermanfaat. Data dan informasi merupakan salah satu aset yang paling penting dalam sebuah organisasi, baik kecil maupun besar. Selain itu munculnya konsep database tentunya telah memberikan kontribusi informasi pengolahan data yang besar.
Java programming menyediakan kelas JDBC API untuk melakukan hubungan antar Java Programming dengan database yang berupa table. JDBC (Java Database Connectivity) memiliki library atau API (Application Programming Interfaces) yang digunakan dalam kebutuhan koneksi dan pengolahan database.
JDBC API memudahkan pengiriman perintah-perintah SQL ke sistem database relasional. JDBC API telah terdistribusi secara langsung dalam paket Java 2 SDK yaitu pada paket Java, SQL dan Javax SQL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar